Pengertian Mad Lazim: Macam-Macam Mad

Mungkin kamu sudah sering mendengar kata “Mad Lazim” dalam pelajaran Bahasa Arab. Mad Lazim adalah salah satu konsep penting dalam ilmu tajwid dan membahas tentang pengucapan huruf-huruf yang memiliki panjang atau lamanya tertentu. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai pengertian Mad Lazim dan macam-macam Mad yang ada.

Pengertian Mad Lazim

Mad Lazim adalah sebuah konsep dalam ilmu tajwid yang berkaitan dengan pengucapan huruf-huruf yang panjang atau lama. Mad Lazim terdiri dari dua jenis yaitu Mad Tamkin dan Mad Wajib Mutawassitah. Mad Tamkin adalah Mad Lazim yang panjangnya tidak bisa diubah. Sedangkan Mad Wajib Mutawassitah adalah Mad Lazim yang panjangnya bisa diubah tergantung pada konteks kata yang diucapkan.

Macam-Macam Mad

Mad terbagi menjadi beberapa macam, yaitu:

1. Mad Thobi’i

Mad Thobi’i adalah Mad Lazim yang terjadi ketika ada huruf ba yang bertemu dengan salah satu dari enam huruf yang berbaris di belakangnya, yaitu ya, nun, mim, wau, alif, dan tha. Mad Thobi’i terdiri dari 2 harakat panjang atau 4 harakat panjang.

2. Mad Far’i

Mad Far’i terjadi ketika ada huruf yang bertemu dengan salah satu dari enam huruf yang berbaris di belakangnya yaitu ya, nun, mim, wau, alif, dan tha. Bedanya dengan Mad Thobi’i adalah pada Mad Far’i hanya terdapat 1 harakat panjang atau 2 harakat panjang.

3. Mad Jaiz Munfasil

Mad Jaiz Munfasil terjadi ketika ada huruf yang bertemu dengan salah satu dari enam huruf yang berbaris di belakangnya, yaitu ya, nun, mim, wau, alif, dan tha. Pada Mad Jaiz Munfasil terdapat 2 harakat panjang atau 4 harakat panjang.

4. Mad Lazim Mutawassitah

Mad Lazim Mutawassitah terjadi ketika ada huruf yang mempunyai sifat mad dan bertemu dengan salah satu dari enam huruf yang berbaris di belakangnya, yaitu ya, nun, mim, wau, alif, dan tha. Pada Mad Lazim Mutawassitah terdapat 2 harakat panjang atau 4 harakat panjang, tergantung dari konteks kata yang diucapkan.

5. Mad Shilah Qashirah

Mad Shilah Qashirah terjadi ketika ada huruf shad yang bertemu dengan salah satu dari enam huruf yang berbaris di belakangnya, yaitu ya, nun, mim, wau, alif, dan tha. Pada Mad Shilah Qashirah terdapat 1 harakat panjang atau 2 harakat panjang.

6. Mad Tamkin

Mad Tamkin adalah Mad Lazim yang panjangnya tidak bisa diubah. Mad Tamkin terjadi ketika ada huruf yang mempunyai sifat mad dan bertemu dengan salah satu dari enam huruf yang berbaris di belakangnya, yaitu ya, nun, mim, wau, alif, dan tha. Pada Mad Tamkin terdapat 2 harakat panjang atau 4 harakat panjang.

Kesimpulan

Mad Lazim adalah salah satu konsep penting dalam ilmu tajwid dan membahas tentang pengucapan huruf-huruf yang memiliki panjang atau lamanya tertentu. Mad Lazim terdiri dari dua jenis yaitu Mad Tamkin dan Mad Wajib Mutawassitah. Macam-macam Mad terdiri dari Mad Thobi’i, Mad Far’i, Mad Jaiz Munfasil, Mad Lazim Mutawassitah, Mad Shilah Qashirah, dan Mad Tamkin. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mempelajari lebih dalam tentang Mad Lazim dan macam-macam Mad.